Logo_Institut_Teknologi_Bandung

AREN-VEGAN BISA MAKAN KEJU?

APA ITU KEJU ?

Keju adalah jenis produk olahan dari susu sapi yang difermentasi dan memiliki cita rasa gurih. Rasa yang gurih dari keju membuatnya cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai jenis makan dan minuman. 

Berarti vegan ga bisa makan keju ya?

VEGAN ?

Vegan adalah

gaya hidup orang-orang yang hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (Yuliarti,2009). Orang yang menjalani gaya hidup sebagai vegan menghindari untuk mengkonsumsi daging, ikan dan semua produk olahan yang berbahan dasar ketiga hal tersebut. Dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap produk non-dairy dan memilih gaya hidup vegan, maka terciptalah produk keju vegan untuk memenuhi keinginan masyarakat

KEJU VEGAN

Keju vegan adalah keju yang dibuat dengan tidak menggunakan bahan dasar yang berasal dari hewan. Keju vegan bisa dibuat dengan menggunakan berbagai bahan baku, seperti kacang mete, kacang almond, atau kedelai. Keju vegan seringkali dibuat dengan menggunakan susu kedelai karena susu kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi, rendah lemak, dan mudah ditemukan sehingga siapapun bisa membuat keju vegan dengan bahan dasar susu kedelai.

HOW TO MAKE

Keju umumnya dibuat dengan menggunakan enzim rennet, tetapi untuk membuat keju vegan kita tidak bisa menggunakan enzim tersebut karena susu kedelai ataupun kacang-kacangan tidak mengandung kasein yang dapat digumpalkan oleh enzim rennet. Sehingga, untuk pembuatan keju vegan harus digunakan bahan lain seperti bakteri asam laktat yang dapat menggumpalkan protein dari kedelai ataupun kacang-kacangan dan bakteri asam laktat dapat membentuk aroma pada keju vegan. Selain itu, penggumpalan protein bisa juga dilakukan dengan menggunakan zat asam dari berbagai buah-buahan yang berasa masam, seperti jeruk nipis, nanas, dan belimbing wuluh (Sumarmono, Suharti, 2012). Keju vegan juga dapat tahan selama sepuluh hari pada suhu beku dan dua hari pada suhu ruang. Dalam pembuatan keju vegan dari bahan baku apapun, diperlukan penambahan bahan pangan tambahan seperti perisa keju agar membuat keju vegan semakin mirip dengan keju asli yang dibuat dengan menggunakan susu sapi.

KEJU VEGAN

Berdasarkan Remantari (2022) dalam pembuatan keju vegan diperlukan beberapa penambahan bahan pangan seperti nutritional yeast untuk menghasilkan rasa yang gurih dan warna kuning muda yang cerah, santan untuk menghasilkan rasa creamy, dan bubuk agar-agar sebagai bahan pemadat untuk menghasilkan tekstur keju yang lembut. Keju vegan dengan tambahan bahan pangan tersebut cocok untuk digunakan sebagai topping atau filling dalam penyajian makanan ataupun minuman. Walaupun diperlukan bahan tambahan pangan, tetapi keju vegan tidak akan menjadi berbahaya bagi orang yang mengkonsumsinya. Bahkan, menurut Kurniawan et.al (2007) kandungan lemak dan karbohidrat pada keju vegan yang dibuat dengan menggunakan susu kedelai relatif lebih kecil dibandingkan dengan keju biasa yang dibuat dengan susu sapi dan memiliki kadar protein yang lebih tinggi. Sehingga, keju vegan lebih baik untuk dikonsumsi oleh semua kalangan baik yang menganut gaya hidup vegan ataupun tidak, termasuk penderita kolesterol, dan lactose intolerance.