Logo_Institut_Teknologi_Bandung

Artifacts – Milk Chocolate Day

Selamat Hari Cokelat Susu Nasional! 

 

Sebagai negara penghasil cokelat terbanyak di dunia, mengonsumsi cokelat telah menjadi gaya hidup warga Amerika. Survei membuktikan bahwa 80% dari semua cokelat yang dikonsumsi warga Amerika merupakan cokelat susu! 

Ada banyak jenis coklat yang bisa dihasilkan dari buah kakao – plain, dark, white atau milk, pilih sesukamu! Dark chocolate lebih banyak digunakan untuk pembuatan kue, sedangkan cokelat susu banyak digunakan untuk minuman, permen, dan banyak makanan penutup lezat lainnya.

 

Sejarah

Di balik setiap hidangan cokelat ada kisah yang melibatkan banyak orang dari seluruh dunia, pembuatan yang semakin maju, dan atensi terhadap detail. Berikut adalah perjalanan panjang terciptanya cokelat susu.

Hingga saat ini, produksi coklat susu dalam berbagai bentuk tersebar dan dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia!

 

Funfacts Cokelat!

  • Cokelat memiliki sifat leleh yang unik; bersifat padat pada suhu ruang dan meleleh pada suhu tubuh!
  • Berdasarkan kandungan flavonoid dan mineral, unsweetened cocoa powder dan dark chocolate pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan tulang

Penelitian mengungkapkan bahwa remaja yang mengonsumsi cokelat memiliki pertumbuhan longitudinal bone yang lebih besar!

  • Dalam diet masyarakat AS, cokelat merupakan kontributor utama antioksidan setelah buah dan sayuran. Antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel.

Tahukah kamu bahwa milk chocolate menyediakan 394 mg antioksidan polifenol, sedangkan dengan porsi serupa dark chocolate menyediakan 951 mg polifenol?

  • Penelitian menemukan bahwa kakao sebenarnya mengandung zat antibakteri yang dapat menjaga kesehatan gigi. Masalahnya, hal-hal yang ditambahkan (gula dan susu) masih bisa menyebabkan gigi berlubang.
  • Konsumsi mingguan 2-6 porsi /hari bubuk kakao atau cokelat yang terdiri dari 70-85% kakao baik untuk kesehatan kardiovaskular.

 

Bagaimana Cara Merayakannya?

Rayakan #NationalMilkChocolateDay dengan menu yang kamu suka! 

Cokelat susu terdapat dalam berbagai hidangan karena sifatnya yang serbaguna dan rasanya yang lezat. Kamu bisa membuat atau membeli hidangan cokelat susu favoritmu. 

Salah satu hidangan klasik yang mudah dibuat adalah cokelat panas. 

Tunggu apa lagi? Ayo siapkan dan bagikan dengan teman dan keluargamu. 

Jangan lupa upload keseruan menyantap cokelat susu di media sosial kamu dengan tagar #MilkChocolateDay!

 

Referensi

SEEM, Stephanie A.; YUAN, Yvonne V.; TOU, Janet C. Chocolate and chocolate constituents influence bone health and osteoporosis risk. Nutrition, 2019, 65: 74-84. 

 

SANTOS, Heitor O.; MACEDO, Rodrigo CO. Cocoa-induced (Theobroma cacao) effects on cardiovascular system: HDL modulation pathways. Clinical nutrition ESPEN, 2018, 27: 10-15.

 

HARITHA, K.; KALYANI, L.; RAO, A. Lakshmana. Health benefits of dark chocolate. J. Adv. Deliv, 2014, 1: 184-194.

 

Verna, R., 2013. The history and science of chocolate. The Malaysian journal of pathology, 35(2), p.111.

 

“Food and Drugs.” Code of Federal Regulations, title 21 (1993). https://www.ecfr.gov/cgi-bin/retrieveECFR?gp=1&SID=fe2b45308c9c24d02c822a6f8146302a&ty=HTML&h=L&mc=true&n=pt21.2.163 

 

Tastemade, Inc. Cokelat Panas. Diakses pada 23 Juli 2021, dari https://id.tastemade.com/videos/cokelat-panas/ 

 

Penulis
Margie Regina (PG’19)